Nofiyanti, Fifi (2022) Kegiatan Pengembangan Usaha Keripik Pisang Kelompok Anggrek KCB Kp. Beting Muara Gembong Bekasi. STP Trisakti, STP Trisakti.
Text
Laporan Akhir Kp. Beting pengabdian masyarakat.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan hygiene sanitasi, pengembangan beberapa varian rasa, pengemasan, pemasaran digital. Metode kegiatan PKM ini adalah dengan penyuluhan dan pelatihan dengan menyiapkan data-data yang dibutuhkan oleh mitra tentang permasalahan yang dihadapi, kemudian melakukan kegiatan pelatihan, setelah itu memberikan pre-test sebelum dilakukan pelatihan dan post-test setelah dilakukan pelatihan, selanjutnya adalah tahapan monitoring dan evaluasi dengan melakukan penilaian terhadap pelaksanaan program yang dilakukan oleh tim pengabdi. Hasil dari kegiatan menunjukkan setelah mendapatkan pelatihan varian rasa, pengetahuan mereka bertambah di atas 80% dari 20 orang. Sedangkan pelatihan pemasaran digital, setelah mendapatkan pelatihan kemasan, pengetahuan mereka belum bertambah karena di bawah 50% dari 20 orang peserta. Hal ini karena Bapak Suparno dan Ibu Aminah telah berusia 50 tahun, mereka sangat sulit menerapkan pemasaran secara digital sebab dengan pemasaran konvensional, mereka sudahbanyak memiliki konsumen seperti, toko, pasar dan reseler. Kemudian masyarakat setempat yang menjadi karyawan adanya keterbatasan memiliki hp android, sehingga mereka tidak dapat membantu Bapak Suparno dan Ibu Aminah untuk memasarkan produk secara online. Dengan banyaknya konsumen yang membeli produk keripik pisang, diharapkan Bapak Suparno dan Ibu Aminah selalu menjaga kualitas produk dan kemasannya sehingga konsumen terutama reseller dapat menjadi mitra agar reseller tersebut dapat memasarkan secara online di media social meliputi Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan Whats Apps. Diharapkan adanya pelatihan pemasaran digital secara bertahap, karena pengetahuan tentang teknologi digital sangat rendah, dengan bertahapnya pelatihan ini akan membuat Bapak Suparno, Ibu Aminah dan masyarakat setempat dapat melakukan penjualan secara online yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi jualbeli online.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kp Beting, Usaha Keripik Pisang, Pengabdian Masyarakat |
Subjects: | F Hospitality & Tourism > F001 Hospitality |
Divisions: | Perhotelan > Pengelolaan Perhotelan (D4) |
Depositing User: | Mrs. FIFI NOFIYANTI |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:26 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:26 |
URI: | http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/2634 |
Actions (login required)
View Item |