Pemanfaatan buah sirsak (Annona Muricata) untuk pembuatan puree menjadi produk siap pakai dan pemasarannya.

Wiradharma, Prajna Bala (2021) Pemanfaatan buah sirsak (Annona Muricata) untuk pembuatan puree menjadi produk siap pakai dan pemasarannya. Jurnal Pengolahan Pangan, 6 (1). pp. 7-14. ISSN 2621-6973

[img] Text
41

Download (3kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan, kemasan dan teknik pemasaran pureesirsak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental kuantitatif. Buah sirsak yang digunakan berasal dari Garut, Jawa Barat. Hasil uji hedonik, sebanyak 50% responden agak suka terhadap rasa puree, 43,3% responden sangat suka terhadap aroma pureedan 43,3% responden agak suka terhadap tekstur puree. Hasil uji organoleptik, sebanyak 43,3% responden menyatakan rasa cukup asam, 40% responden menyatakan cukup beraroma sirsak dan 66,7% responden menyatakan tekstur cukup halus. Sebanyak 53,3% responden menyatakan kemasan kotak sangat sesuai, karena apabila dalam keadaan beku sangat mudah untuk dikeluarkan. Logo berbentuk lonjong terinspirasi dari bentuk buah sirsak. Analisis pemasaran STP : Pureesirsak dikemas dalam ukuran 1 liter, karena konsumen yang dituju adalah pastry shopyang produksi dalam kapasitas cukup banyak. Harga jual berkisar Rp. 77.000 berada di bawah harga pureeyang ada dipasaran Analisis pemasaran metode Mix 4P : Pureesirsak baik untuk kesehatan, dapat juga dibuat menjadi pastry product, dijual seharga Rp, 77.000,-untuk setiap 1 liter sesuai dengan daya beli pelanggan dan harga kompetitor yang ada di pasaran.Kata kunci : sirsak, puree, siap pakai, pemasaran

Item Type: Article
Subjects: F Hospitality & Tourism > F001 Hospitality
Divisions: Pariwisata > Magister
Depositing User: Mr. PRAJNA BALA WIRADHARMA
Date Deposited: 22 Aug 2021 14:39
Last Modified: 22 Aug 2021 14:39
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item