Pariwisata Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Menarik Minat Wisatawan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Destinasi Pariwisata (Studi Kasus Saung Angklung Udjo)

Setiawan, Christin and Hidayat, Candra and Gantina, Devita (2021) Pariwisata Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Menarik Minat Wisatawan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Destinasi Pariwisata (Studi Kasus Saung Angklung Udjo). Jurnal Ilmiah Pariwisata, Jakarta.

[img] Text
Peer review pariwisata.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk kreatifitas yang sudah ada sebelumnya yang akan dilakukan oleh masyarakat dan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Metode yang dipakai adalah, pendekatan deskriptif kuantatif dengan mengambil sampel sebanyak 125 orang dari 650 populasi yang ada. Hasil dari penelitian menunjukkan harga yang dijual Saung Angklung Udjo dengan petunjukan yang disajikan berdasarkan brosurnya berbanding lurus yaitu baik. Pertunjukan Saung angklung Udjo sedikit mengurangi nilai sakral dalam budaya Sunda karena beralih fungsi menjadi pertunjukan yang bersifat komersial. Pertunjukan Saung angklung Udjo mempengaruhi motif emosional ginerasi milenial yang merasa puas dan senang dengan pertunjukan saung angklung udjo sehingga meningkatkan daya tarik wisata yang berkreatif. Pertunjuk Saung Angklung Udjo dapat memberikan kesempatan berinvestasi, seperti mendirikan usaha tempat makan dan toko souvernir.

Item Type: Other
Subjects: F Hospitality & Tourism > F001 Hospitality
Divisions: Perhotelan > Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Mrs. CHRISTIN SETIAWAN
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:25
Last Modified: 25 Oct 2021 02:25
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item