PENGARUH POSITIONING MUSEUM NASIONAL SEBAGAI WISATA EDUKASI TERHADAP KEPUTUSAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Boediman, Surya Fadjar (2017) PENGARUH POSITIONING MUSEUM NASIONAL SEBAGAI WISATA EDUKASI TERHADAP KEPUTUSAN KUNJUNGAN WISATAWAN. Perpustakaan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

[img] Text
Bonsai Genap 2016-2017.docx

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilaksanakan di Museum Nasional yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Tempat wisata ini berbasis wisata edukasi dengan konsep pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh positioning Museum Nasional sebagai wisata edukasi terhadap keputusan kunjungan wisatawan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengenai positioning (Variabel X) meliputi nilai, keunikan, kredibilitas, keberlanjutan dan kesesuaian dengan (Variabel Y) meliputi keputusan kunjungan. Teknik penggunaan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dan accidential sampling, untuk 99 responden. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan observasi ke Museum Nasional pada bulan Mei 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif kualitatif dengan pendekatan korelasional dan menggunakan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 21. Hasil yang didapat menyatakan bahwa terdapat hubungan yang Sangat Kuat antara positioning dengan keputusan kunjungan di Museum Nasional dengan nilai sebesar 0.853. Pengaruh positioning terhadap keputusan kunjungan sebesar 72,8%, sedangkan untuk sisanya sebesar 27,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Positioning, Museum Nasional, Keputusan Kunjungan, nilai, keunikan, kredibilitas, keberlanjutan dan kesesuaian.

Item Type: Article
Subjects: F Hospitality & Tourism > F1001 Tourism
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata > UPW
Depositing User: Mr. SURYA FADJAR BOEDIMAN
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:45
Last Modified: 13 Aug 2021 03:45
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item