Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Moderasi Brand Image (Studi Kasus pada Calon Mahasiswa Baru Institut Pariwisata Trisakti dalam Memilih Kampus)

SEMBIRING, VIENNA ARTINA (2025) Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Moderasi Brand Image (Studi Kasus pada Calon Mahasiswa Baru Institut Pariwisata Trisakti dalam Memilih Kampus). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Moderasi Brand Image (Studi Kasus pada Calon Mahasiswa Baru Institut Pariwisata Trisakti dalam Memilih Kampus), 30 (1). pp. 85-100. ISSN 1411-1527

[img] Text
SURAT TUGAS DAN JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER, DAFTAR ISI DAN EDITOR JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi pelanggan, pengalaman pelanggan, dan brand image terhadap keputusan pembelian calon mahasiswa dalam memilih Institut Pariwisata Trisakti. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis jalur untuk menguji hubungan antar variabel. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner kepada 100 responden mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pelanggan dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara pengalaman pelanggan tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Brand image terbukti berpengaruh kuat dalam membentuk keputusan pembelian calon mahasiswa, namun tidak memoderasi pengaruh persepsi pelanggan maupun pengalaman pelanggan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan bagi calon mahasiswa untuk mempertimbangkan kualitas pendidikan dan fasilitas yang ditawarkan dalam memilih perguruan tinggi, serta bagi manajemen Institut Pariwisata Trisakti untuk terus memperkuat citra kampus dan meningkatkan kualitas layanan serta fasilitas pendidikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi pelanggan dan brand image memiliki pengaruh yang lebih dominan dalam keputusan pembelian calon mahasiswa, sementara pengalaman berkunjung tidak cukup signifikan dalam memengaruhi keputusan tersebut.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Ilmiah Pariwisata
Uncontrolled Keywords: persepsi pelanggan, pengalaman berkunjung, brand image, keputusan pembelian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Perhotelan > Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Mrs. VIENNA ARTINA SEMBIRING
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:52
Last Modified: 16 Jul 2025 08:52
URI: http://repository.iptrisakti.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item