Dampak Pelatihan Marketplace Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Produk Gerabah Di Dusun Jetis, Panjangrejo, Yogyakarta

Maudiarti, Santi and ADRIANI, HANNI and herienda, florensia Dampak Pelatihan Marketplace Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Produk Gerabah Di Dusun Jetis, Panjangrejo, Yogyakarta. Institut Pariwisata Trisakti, Institut Pariwisata Trisakti.

[img] Text
Laporan Penelitian _Santi M_dkk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Surat Ket Perpus Bu Santi, Hanni dan Florensia.pdf

Download (388kB)
[img] Text
Surat Keterangan Penelitian Bu Santi, Hanni dan Florensia.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ST - 745b - Dampak Pelatihan Marketplace Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Produk Gerabah Di Dusun Jetis, Panjangrejo, Yogyakarta_Santi, Hanni dan Florensia.pdf

Download (585kB)

Abstract

Desa Panjangrejo khususnya di Dusun Jetis memiliki potensi yang besar dalam bidang pengrajin gerabah yang dapat menghasilkan berbagai macam produk yang sangat mengetahui pengaruh pelatihan pembuatan akun shopee marketplace sebagai strategi pemasaran produk gerabah di Dusun Jetis, Desa Panjangrejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner secara daring ke 30 responden yang telah melakukan pelatihan pembuatan akun shopee. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji korelasi, uji regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Pada penelitian ini uji validitas dan uji reliabilitas untuk semua perrtanyaan dalam penelitian ini adalah valid dan reliabel. Nilai rata-rata dari pelatihan pembuatan akun shopee sebesar 4,40 yang dikategorikan sangat setuju. Nilai rata-rata dari strategi pemasaran sebesar 4,33 yang dikategorikan sangat setuju. Hasil uji korelasi pada penelitian ini menunjukan hasil korelasi kuat sebesar 0,747. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukan hasil konstanta sebesar 2.638 dimana jika ada pelatihan pembuatan akun shopee maka strategi pemasaran akan meningkat sebesar 2.638. Hasil pada uji t hitung sebesar 5,940 yang melebihi t tabel 2,042 yang disimpulkan bahwa ada pengaruh pelatihan pembuatan akun shopee sebagai strategi pemasaran, Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,747 pada hubungan variabel X dan Y dan determinasi R2 sebesar 0,558 yang menunjukan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 55,8% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Other
Subjects: F Hospitality & Tourism > F001 Hospitality
F Hospitality & Tourism > F1001 Tourism
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Perhotelan > Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Mrs. HANNI ADRIANI
Date Deposited: 19 Aug 2023 04:59
Last Modified: 19 Aug 2023 04:59
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item