DESAIN SIGN SYSTEM SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN BRAND IMAGE DESA WISATA SAKERTA TIMUR, KUNINGAN, JAWA BARAT

Maudiarti, Santi and ADRIANI, HANNI (2019) DESAIN SIGN SYSTEM SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN BRAND IMAGE DESA WISATA SAKERTA TIMUR, KUNINGAN, JAWA BARAT. SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI.

[img] Text (Laporan Akhir Penelitian Hibah Dosen Pemula Tahun 2019)
03_Laporan Akhir Penelitian Hibah PDP (Santi M_Hanni A).pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Industri pariwisata merupakan salah satu kebutuhan primer bagi kehidupan masyarakat modern saat ini. Hal tersebut dikarenakan bertambahnya perkembangan jaman, aktivitas manusia yang semakin padat setiap hari, dan tingginya kebutuhan hidup manusia sehingga memaksa manusia untuk bekerja keras dan menyebabkan tingkat stres yang tinggi. Karena faktor tersebut, maka membuat kebutuhan akan rekreasi atau wisata semakin meningkat. Desa Wisata Sakerta Timur merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di Kabupaten Kuningan. Namun, Desa Wisata unggulan Sakerta Timur memiliki kelemahan yaitu belum memiliki sign system yang tematik yang dapat memberikan brand image dan memudahkan wisatawan yang akan berkunjung ke area tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka untuk meningkatkan brand image dari Desa Wisata Sakerta Timur harus dibuat desain sign system tematik yang dapat menjadi media informasi dan mudah diingat (memorable). Sign system merupakan salah satu bagian dari sisi penawaran wisata yang penting yaitu untuk aspek informasi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu 1) mendesain sign system yang informatif dan 2) mendesain sign system yang tematik untuk Desa Wisata Sakerta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data yang diambil berupa data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan secara langsung dan purposive sampling dengan wawancara pada key person yaitu aparatur pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat mengenai sejarah, legenda, dan keunikan yang dimiliki untuk mendukung terwujudnya desain sign system yang informatif dan tematik. Variabel yang digunakan adalah variabel elemen desain, variabel makna dan konten, dan variabel informasi untuk mencapai tujuan penelitian. Selain itu dilakukan identifikasi kebutuhan jenis dan jumlah sign system di Desa Wisata Sakerta Timur. Data primer juga didapatkan dari hasil observasi langsung disekitar lokasi penelitian. Selanjutnya, data sekunder didapatkan dari data yang sudah tersedia di kantor desa dan dinas pariwisata Kabupaten Kuningan Luaran wajib dari penelitian ini adalah Publikasi Ilmiah Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi, kemudian luaran tambahan dari penelitian ini adalah desain sign system dan Hak Cipta (HKI) paten sederhana.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: desain sign system; brand image; desa wisata, Sakerta Timur
Subjects: F Hospitality & Tourism > F1001 Tourism
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Usaha Perjalanan Wisata > UPW
Depositing User: Mrs. HANNI ADRIANI
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:02
Last Modified: 17 Dec 2020 04:02
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item