PENERAPAN E-LEARNING DI UNIVERSITAS Studi Kasus pada Program Studi Teknologi Pendidikan (Strata-1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Maudiarti, Santi (2016) PENERAPAN E-LEARNING DI UNIVERSITAS Studi Kasus pada Program Studi Teknologi Pendidikan (Strata-1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Masters thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
THESIS - SANTI MAUDIARTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa adanya tentang penerapan e-learning di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data uaitu analisis arspi/dokumen, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat 20 mata kuliah yang diselenggarakakn dengan e-learning oleh 7 orang dosen Program Studi Teknologi Pendidikan; 2) e-learning yang diterapkan adalah blended learning yang mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online; 3) penerapan e-learning telah melalui tahap analisis, desain dan pengembangan; 4) tahap analisis meliputi analisis karakteristik siswa dan analisis lingkungan e-learning; 4) tahap desain dimana sebagian besar dirancang dengan pola pembelajaran online (mempelajari materi, memperdalam materi melalui forum diskusi online, menerapkan pengetahuan melalui penugasan online, dan evaluasi melalui tes online dan pembelajaran tatap muka lebih menekankan pada diskusi mendalam, demonstrasi, studi kasus, dan praktek; 5) tahap pengembangan dosen mengembangkan materi dengan memanfaatkan materi yang telah ada; 5) implementasi blended learning menarik dan disukai oleh mahasiswa; 6) pelaksanaan e-learning berjalan dengan baik karena adanya komitmen yang kuat dari dosen, kefamiliaran TIK mahasiswa dan dukungan program studi; dan 7) faktor penghambat penerapan e-learning lebih pada lemahnya dukungan kebijakan dan infrastruktur TIK yang belum memadai. Berdasarkan temuan penelitian direkomendasikan agar program studi teknologi pendidikan memiliki standar minimal pengembangan dan implementasi blended learning dan meningkatkan dukungan fasilitas dan akses terhadap internet yang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Mrs. SANTI MAUDIARTI
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:04
Last Modified: 12 Apr 2023 07:04
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item