PERILAKU KONSUMEN LAYANAN ANTAR DARING PADA MASA PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DI CENGKARENG DKI JAKARTA

Aditya, Michael Khrisna (2020) PERILAKU KONSUMEN LAYANAN ANTAR DARING PADA MASA PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DI CENGKARENG DKI JAKARTA. -. (Unpublished)

[img] Text
Perilaku Konsumen Layanan Pesan Antar di Cengkareng Jakarta.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun tantangan bagi dunia usaha di Indonesia bahkan dunia usaha internasional pasalnya awal tahun 2020 dunia dilanda wabah virus Corona yang dikenal dengan sebutan COVID-19 yang berasal dari Wuhan Cina. Hal itu membuat dunia usaha berhenti dari aktivitasnya dikarenakan pengurangan kontak fisik antar manusia yang sering disebut physical distancing guna memutus rantai penularan virus. Salah satu contoh dunia usaha yang terdampak dengan pemberlakuan physical distancing yaitu usaha dibidang makanan dan minuman, dimana konsumen tidak diperkenankan lagi untuk menikmati makanan dan minuman di dalam restoran maupun kedai. Karena hal tersebut para pemilik usaha makanan dan minuman harus menerapkan strategi penjualan dengan layanan pesan antar. Hal tersebut sedikit merubah perilaku konsumen dalam memesan layanan pesan antar sehingga pemilik usaha harus berlomba memberikan jaminan keamanan terhadap makanan dan minuman. Perilaku konsumen merupakan suatu proses yang berkaitan erat dengan adanya suatu proses pembelian, dimana konsumen selalu melakukan aktivitas pencarian, penelitian dan pengevaluasian produk dan jasa. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan memiliki tujuan untuk menggambarkan perilaku konsumen layanan pesan antar selama masa PSBB DKI Jakarta. Faktor yang memiliki kontribusi secara langsung dalam perilaku konsumen layanan antar daring yaitu faktor budaya dengan indikator mengikuti peraturan yang diterapkan oleh pemerintah dengan penerapan PSBB. Artinya konsumen secara tidak langsung merubah budaya mereka dari awalnya adalah memesan makanan atau minuman langsung ke restoran atau produk kuliner lainnya namun dengan adanya penerapan peraturan PSBB akhirnya mereka lebih memilih mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Perhotelan > Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Mr. MICHAEL KHRISNA ADITYA
Date Deposited: 10 Dec 2020 08:15
Last Modified: 10 Dec 2020 08:15
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item