Analisis Kualitas Pelayanan Jamuan Makan Studi Kasus Acara Parents Day STP Trisakti

Aditya, Michael Khrisna (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Jamuan Makan Studi Kasus Acara Parents Day STP Trisakti. -, - (-). ISSN - (Unpublished)

[img] Text
Analisis Kualitas Pelayanan Jamuan Makan Studi Kasus Acara Parents Day STP Trisakti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jasa pelayanan saat ini menjadi hal yang sering digunakan diberbagai macam bidang usaha ataupun pelayanan publik, seperti di dalam dunia bisnis dan pemerintahan. Tujuannya hanya satu membuat pelanggan atau orang yang datang mendapatkan pelayanan yang baik dan kembali dengan kepuasan. Namun pelayanan bukan hanya sekedar menyelesaikan permasalahan pelanggan tapi harus memiliki kualitas didalamnya sehingga pelanggan dapat merasakan dan berharap mereka kembali lagi. Salah satu institusi Pendidikan yang mengadakan acara jamuan makan setiap tahunnya adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dimana acara jamuan tersebut dikemas dengan nama Parent’s Day. Acara parent’s day merupakan acara tahunan yang harus dilaksanakan dan pengelolaannya dilakukan secara terorganisir oleh mahasiswa mulai dari pemilihan General Manager hingga Head Department dan staf operasional. Acara tersebut memiliki konsep jamuan makan gala dinner dan tamu yang hadir adalah orang tua mahasiswa pada semester empat. Setelah melakukan serangkaian Uji Validitas dan Reliabilitas, Parasuraman et al, 1988 (dalam Kotler 2009) sampai pada suatu kondisi di mana dari 10 determinan berkurang menjadi 5 determinan, yaitu: Tangibles, Empathy, Responsiveness, Reliability, Assurance. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif merupakan sebuah penelitian yang memaparkan suatu karakteristik/ciri tertentu dari sebuah fenomena/permasalahan yang terjadi (Sugiarto, 2015:42). Berdasarkan nilai yang telah diberikan pada setiap indikator yang ada maka dapat dinyatakan hasil dari sub variable kualitas pelayanan dinyatakan Sangat Baik pada sub variable Tangible mendapatkan hasil 3,56 kemudian sub variable Empathy mendapatkan hasil 3,70 dilanjutkan dengan sub variable Responsiveness 3,68 sedangkan sub variable Reliability mendapatkan hasil 3,56 dan sub variable Assurance mendapatkan hasil 3,71. Hal ini dapat dinyatakan bahwa factor yang berperan yaitu sub variable Assurance atau Jaminan hal ini berarti para orang tua merasa para mahasiswa telah memberikan jaminan kepada meraka pada acara jamuan makan parent’s day walaupun dalam hal ini sub variable Empathy juga mendapatkan hasil yang tidak jauh beda dengan sub variable Assurance yang artinya orang tua juga merasa para mahasiswa memberikan pelayanan dengan rasa empati kepada orang tua. Namun ada hal yang perlu diperhatikan pada sub variable Tangible dan Reliability dimana kedua sub variable tersebut mendapatkan hasil yang sama dan perlu ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Perhotelan > Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Mr. MICHAEL KHRISNA ADITYA
Date Deposited: 10 Dec 2020 08:15
Last Modified: 10 Dec 2020 08:15
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item