DOKUMEN: PENGARUH DAYA TARIK WISATA, AKSESBILITAS, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI OBJEK WISATA DANAU CIPONDOH, KOTA TANGERANG

NURBAETI, NURBAETI and Rahmanita, Myrza and Ratnaningtyas, Henny and Amrullah, Amrullah (2021) DOKUMEN: PENGARUH DAYA TARIK WISATA, AKSESBILITAS, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI OBJEK WISATA DANAU CIPONDOH, KOTA TANGERANG. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10 (2). pp. 269-278. ISSN P-ISSN: 2303-2898 | E-ISSN: 2549-6662

[img] Text
url dok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Danau Cipondoh adalah salah satu obyek wisata yang ada di Kota Tangerang dengan daya tarik yang memiliki nilai jual, diikuti dengan aksesbilitas yang memberikan kemudahan, kemudian harga yang terjangkau, fasilitas yang cukup. Hal ini akan menjadikan Danau Cipondoh sebagai obyek wisata yang menarik bagi masyarakat Tangerang untuk berwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata, aksesbilitas, harga dan fasilitas terhadap minat berkunjung wisatawan di objek wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan dengan metode yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 23. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner kepada para wisatawan sejumlah 100 responden. Hasil penelitian secara parsial daya tarik wisata, aksesbilitas, harga dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Oleh karena itu objek wisata Danau Cipondoh harus memiliki daya tarik berupa orisinility and natural beauty, variatif, scarity, wholeness, kemudian memiliki lokasi yang mudah dijangkau, kondisi jalan yang beraspal dan berbeton, jarak waktu tempuh sangat dekat dengan Jakarta dan Tangerang Selatan. Selain itu Danau Cipondoh juga harus memiliki harga yang standar dan terjangkau juga memiliki fasilitas yang cukup meliputi parkiran, mushola, toilet, tempat istirahat, warung makan. Hal ini memberikan dampak kepada para wisatawan untuk berkali-kali berkunjung ke Danau Cipondoh. Pengelola Danau Cipondoh harus lebih mempromosikan Danau Cipondoh melalui sosial media seperti website, instagram dan facebook. Para wisatawan diharapkan tidak meninggalkan sampah yang dapat merusak keindahan di kawasan wisata Danau Cipondoh. Kata Kunci: Daya Tarik Wisata; Aksesbilitas; Harga; Fasilitas; Minat Berkunjung Wisatawan Lake Cipondoh is one of the attractions in Tangerang City with an attraction that has a selling value, followed by accessibility that provides convenience, then an affordable price, adequate facilities. These attractions will make Lake Cipondoh an attractive tourist attraction for the people to travel to Tangerang. This study aims to determine the effect of tourist attraction, accessibility, price, and facilities on the interest of tourists visiting the Cipondoh Lake tourist attraction, Tangerang City. This type of research is quantitative research, with the method used is multiple linear regression with the help of the SPSS 23 program. The data collection technique is by distributing questionnaires to tourists with a total of 100 respondents. The results of the study partially tourist attraction, accessibility, price, and facilities have a significant effect on the interest of visiting tourists. Therefore, the Lake Cipondoh tourist attraction must have authenticity and natural beauty, variety, scarcity, integrity, then have an easily accessible location, asphalt, and concrete road conditions, the travel time is very close to Jakarta and South Tangerang. In addition, Lake Cipondoh must also have standard and affordable prices and have sufficient facilities, including parking, prayer rooms, toilets, rest areas, food stalls. This condition has had an impact on tourists visiting Lake Cipondoh many times. Lake Cipondoh managers should further promote Lake Cipondoh through social media such as websites, Instagram and Facebook. The tourists are expected not to leave garbage that can damage the beauty of the Lake Cipondoh tourist area. Keywords: Tourist Attraction; Accessibility; Price; Facilities; Tourist Visit Interest

Item Type: Article
Subjects: F Hospitality & Tourism > F001 Hospitality
F Hospitality & Tourism > F1001 Tourism
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pariwisata > Doktoral
Depositing User: Mrs. MYRZA RAHMANITA
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:38
Last Modified: 08 Jun 2022 03:38
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item View Item