PEMASARAN PARIWISATA BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA MASA PANDEMI COVID 19: DESA SEDARI KABUPATEN KARAWANG

Lesmana, Harry and De Channell, Leonardo and Rahmanita, Myrza and Brahmantyo, Himawan (2021) PEMASARAN PARIWISATA BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA MASA PANDEMI COVID 19: DESA SEDARI KABUPATEN KARAWANG. SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17 (3). pp. 441-451. ISSN p-ISSN: 0216-938X e-ISSN: 2684-8414

[img] Text
1. PEMASARAN PARIWISATA BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA MASA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah pemasaran konvensional menjadi digital berupa pemasaran berbasis media sosial, termasuk dalam lingkup kepariwisataan. Kajian ini bertujuan menganalisis pemasaran pariwisata berbasis media sosial di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer dan sekunder diperoleh dari hasil observasi dan wawancara serta studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan belum maksimalnya pemasaran pariwisata berbasis media sosial di Desa Sedari, yaitu belum terbentuknya komunitas online yang mempromosikan pariwisata Desa Sedari; Komunitas virtual online seperti whatsapp dan youtube belum dimanfaatkan menjadi sarana interaksi secara langsung; Belum optimalnya aksesibilitas dalam media sosial; Belum maksimalnya berbagi konten baik di antara masyarakat maupun dengan para wisatawan, terlebih keduanya; Kredibilitas dalam pemasaran pariwisata berbasis media sosial belum mensinergikan potensi wisatawan di dalam proses komunikasi pemasaran seperti melakukan komentar. Kata kunci: pariwisata, pemasaran, media sosial, komunitas online, berbagi konten The development of information and communication technology has changed conventional marketing to digital in the form of social media-based marketing, including in the tourism sphere. This study aims to analyze social media-based tourism marketing in Sedari Village, Cibuaya District, Karawang Regency, West Java, Indonesia. This descriptive research uses a qualitative approach. Primary and secondary data were obtained from observations and interviews as well as literature study. The results of this study found that social media-based tourism marketing in Sedari Village has not been maximized, namely the online community that promotes tourism in Sedari Village has not yet been formed; Online virtual communities such as whatsapp and youtube have not been used as a means of direct interaction; Not yet optimal accessibility in social media; The content sharing is not maximized, both among the public and with tourists, especially both; Credibility in social media-based tourism marketing has not synergized the potential of tourists in the marketing communication process such as making comments. Keywords: tourism, marketing, social media, online community, content sharing

Item Type: Article
Subjects: F Hospitality & Tourism > F001 Hospitality
F Hospitality & Tourism > F1001 Tourism
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pariwisata > Doktoral
Depositing User: Mrs. MYRZA RAHMANITA
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:37
Last Modified: 08 Jun 2022 03:37
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item