PEMBERDAYAAN GURU DALAM PENGENALAN HOMESTAY DI BENGKULU

MUSTIKA, AMALIA and SAVITRI HENDRADEWI, SAVITRI HENDRADEWI (2019) PEMBERDAYAAN GURU DALAM PENGENALAN HOMESTAY DI BENGKULU. OJS Universitas Mpu Tantular, Jakarta.

[img] Text
jurnal_Homestay_Bengkulu.pdf

Download (240kB)

Abstract

Abstract: Pariwisata berkelanjutan di pedesaan berbagai propinsi di Indonesia sedang digalakkan oleh Pemerintah untuk dijadikan desa wisata yang berbasis pada kelestarian lingkungan alamiah yang yang mengandalkan gaya hidup pedesaaan seperti pertanian, perikanan untuk sebagai salah satu atraksi wisatanya, namun memiliki nilai ekonomis yang lebih besar dari sebelumnya, sehubungan dengan itu, maka dibutuhkan pula suatu tempat untuk menginap yang ramah lingkungan dan dapat berinteraksi dengan warganya, seperti homestay. Guru adalah profesi yang sangat mulia untuk mendidik anak bangsa menjadi penerus bangsa dalam memajukan daerahnya. Setelah masa pengadiannya sebagai guru, maka mereka dihadapi dengan masa pensiun, dalam hal ini, bidang pariwisata memperkenalkan homestay bagi para guru untuk menghadapi pensiun akan tetapi tetap memiliki penghasilan dalam menghidupi kebutuhan sehari-hari. Bengkulu adalah, salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki daya tarik wisata untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara, sehingga dalam hal ini Kementrian Pariwisata mengadakan penyuluhan untuk memperkenalkan homestay bagi para Guru untuk mempersiapkan masa pensiunnya. Proses pemberdayaan guru di Bengkulu berlangsung dalam dua pendekatan yaitu pendekatan mikro dan mezzo kepada 60 guru. Adapun kendala-kendala dalam pemberdayaan guru berkaitan dengan keterbatasan waktu dan penyediaan homestay Kata Kunci: Pemberdayaan guru, Homestay

Item Type: Other
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Perhotelan > Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Mrs. SAVITRI HENDRADEWI
Date Deposited: 09 Dec 2020 03:39
Last Modified: 09 Dec 2020 03:39
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item