PENDIDIKAN GIZI DAN PEMBINAAN KANTIN SEHAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GUNUNGPATI, SEMARANG

MAYASARI, IRA PENDIDIKAN GIZI DAN PEMBINAAN KANTIN SEHAT SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GUNUNGPATI, SEMARANG. Sekolah Tinggi Pariwiwsata Trisakti. (Unpublished)

[img] Text
PR Kantin Sehat.pdf

Download (314kB)

Abstract

Latar Belakang: Jajanan berkontribusi besar bagi gizi anak sekolah,tapi banyak yang belum memenuhi syarat kesehatan. Tujuan: menganalisis pengaruh pendidikan gizi dan pembinaan kantin sehat terhadap pemilihan jajanan siswa sekolah dasardi Kecamatan Gunungpati, Semarang. Metode: menggunakan mixed method, kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan desain quasy experimental, pre-post test control group. Kelompok perlakuan adalah 115 siswa SDN Sekaran 01, sedangkan kelompok kontrol adalah 103 siswa SDN Kandri 01.Data kuantitatif dengan pengisian kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann Whitney U. Data kualitatif dengan pengamatan dan wawancara pada pengelola kantin di kedua SD. Hasil: Pendidikan gizi yang diberikan ke siswa sekolah memperoleh hasil dapat meningkatkan pengetahuan dari 10,6 ±1,2 menjadi 12,2 ±1,2 (p=0,001), sikap dari 15,9 ±1,3 menjadi 19,3 ±1,8 (p=0,002) dan praktik dari 39,4 ±4,4 menjadi 51,5 ±5,8 (p=0,014) pada kelompok perlakuan. Peningkatan pengetahuan (1,6 vs 0,9; p=0,001), sikap (3,5 vs 3,0; p=0,002) dan praktik (12,1 vs 10,9; p=0,014) pada kelompok perlakuan lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Kesimpulan: pendidikan gizi dan pembinaan kantin sehat meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik siswa dalam pemilihan jajanan dan pada pengelola kantin dalam mengolah dan menyajikan makanan jajanan. Kata Kunci : anak sekolah, jajanan, kantin, pendidikan gizi, pembinaan.

Item Type: Other
Subjects: F Hospitality & Tourism > F001 Hospitality
Divisions: Perhotelan > Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Mrs. IRA MAYA SARI
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:45
Last Modified: 01 Mar 2022 06:45
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item