EKRANISASI KARYA SASTRA TRAVELING SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA INDONESIA

Nofiyanti, Fifi and Fitriana, Rina and MAYASARI, IRA EKRANISASI KARYA SASTRA TRAVELING SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA INDONESIA. Sekolah Tinggi Pariwiwsata Trisakti. (Unpublished)

[img] Text
PR Ekranisasi.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini tentang ekranisasi karya sastra traveling sebagai media promosi wisata Indonesia. penelitian ini untuk mengetahui tiga karya sastra traveling yang dipilih sebagai objek penelitian. Novel tersebut telah melakukan ekranisasi atau alihwahana novel menjadi film yang mampu menjadi media promosi wisata. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam penelitian ini menggunakan alat bantu kuisioner dan wawancara, selain melihat secara langsung keadaan di lokasi penelitian yang sesuai dengan novel dan ekranisasi film. Teknik pengumpulan data dengan kajian literatur hingga menentukan 3 novel yang melalui ekranisasi (alih wahana novel menjadi film), serta melakukan survei pada lokasi-lokasi yang diceritakan dalam novel dan pengubahan film. Hasil penelitian diperoleh bahwa novel laskar pelangi, 5 cm, dan dilan 1990 dikaji dengan teori promosi berkaitan dengan menginformasikan, mempengaruhi, dan membujuk. ketiga novel tersebut mampu menerapkan 3 poin promosi, sehingga objek wisata yang diceritakan dalam novel dapat mendatangkan wisatawan. Laskar pelangi di Belitung berhasil mendatangkan wisatawan bukan hanya di objek laskar pelangi (pulau batu berlayar), namun membawa wisatawan ke objek lokasi lainnya. Proses ekranisasi novel 5 cm menjadi film layar lebar berhasil membuat para penonton terpengaruh dan terbujuk untuk melihat secara langsung lokasi yang terdapat pada film tersebut. Ekranisasi dari novel Dilan 1990 mendatangkan wisatawan ke jalan Asia Afrika di Bandung, lokasi yang dijadikan pusat wisata bagi pengunjung ke Bandung. Hal ini menjadi alat bantu promosi wisata, karena dapat meningkatkan jumlah wisatawan pada lokasi tersebut. Belitung yang tidak pernah diketahui masyarakat, kini menjadi objek wisata bagi masyarakat. Kata kunci : Ekranisasi, Karya Sastra, Traveling, Promosi, Wisata

Item Type: Other
Subjects: F Hospitality & Tourism > F1001 Tourism
Divisions: Perhotelan > Pengelolaan Perhotelan (D4)
Depositing User: Mrs. IRA MAYA SARI
Date Deposited: 18 Oct 2021 08:12
Last Modified: 18 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item