PEMANFAATAN BUAH SIRSAK (ANNONA MURICATA) UNTUK PEMBUATAN PUREE MENJADI PRODUK SIAP PAKAI DAN PEMASARANNYA

Wiradharma, Prajna Bala (2019) PEMANFAATAN BUAH SIRSAK (ANNONA MURICATA) UNTUK PEMBUATAN PUREE MENJADI PRODUK SIAP PAKAI DAN PEMASARANNYA. Masters thesis, STP Trisakti.

[img] Text
complete tesis pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buah sirsak sudah lama diketahui oleh masyarakat luas, akan tetapi pemanfaatan masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengenai proses pembuatan, kandungan gizi, kemasan yang paling sesuai, teknik dan teknik pemasaran puree sirsak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental kuantitatif. Buah sirsak yang digunakan berasal dari Garut Jawa Barat. Hasil uji hedonik, sebanyak 50% responden agak suka terhadap rasa puree, 43,3% responden sangat suka terhadap aroma puree dan 43,3% responden agak suka terhadap tekstur puree. Hasil uji organoleptic, sebanyak 43,3% responden menyatakan rasa cukup asam, 40% responden menyatakan cukup beraroma sirsak dan 66,7% responden menyatakan tekstur cukup halus. Sebanyak 53,3% responden menyatakan kemasan kotak sangat sesuai, karena apabila dalam keadaan beku sangat mudah untuk dikeluarkan. Logo berbentuk lonjong terinspirasi dari bentuk buah sirsak. Nama Sirsi Fruit diambil dari singkatan buah sirsak. Warna dasar hijau mewakili warna buah sirsak yang segar alami. Warna putih dari tulisan Sirsi Fruit mewakili warna daging buah sirsak. Slogan “Fresh and Healty” mewakili dimana puree sirsak ini berasal dari buah segar dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena memiliki kandungan antioksidan salah satunya adalah Vitamin C yaitu sebesar 0,13 mg per 100 gr. Air yang digunakan adalah air kemasan AQUA, karena air ini sudah teruji dan diakui oleh dinas kesehatan aman untuk dikonsumsi. Pada suhu ruang setelah 1 jam mengalami perubahan warna menjadi kemerahan tetapi rasa belum berubah. Setelah 2 sampai 3 jam tidak terjadi perubahan rasa dan warna. Analisis pemasaran STP : Puree sirsak ini dikemas dalam ukuran 1 liter, karena konsumen yang dituju adalah pastry shop yang produksi dalam kapasitas cukup banyak. Untuk puree sirsak ini bahan baku dari dalam negeri, sehingga harga jual di pasaran berkisar Rp. 77.000 berada di bawah puree yang ada dipasaran. Analisis pemasaran metode Mix 4P : Puree sirsak baik untuk kesehataan dan dapat juga dibuat penjadi pastry product, produk dijual seharga Rp, 77.000,- untuk setiap 1 Liter sesuai dengan daya beli pelanggan dan harga kompetitior yang ada di pasaran, produk dapat di beli secara langsung di tempat produksi atau dapat dibeli melalui telepon dan akan dikirim langsung ke pembeli atau bisa di dapatkan melalui event saat mengikuti pameran atau dapat di beli melalui aplikasi online dan pemasaran media sosial seperti Instagram dan olshop atau dengan pemasaran langsung, seperti brosur, mulut ke mulut, dan event bazar. Puree sirsak bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan vitamin C-nya, dapat diproduksi dalam kemasan besar untuk menyediakan pastry shop dan harga jualnya sangat murah ketimbang puree import yang sudah banyak ada dipasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: F Hospitality & Tourism > F001 Hospitality
Divisions: Pariwisata > Magister
Depositing User: Mr. PRAJNA BALA WIRADHARMA
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:14
Last Modified: 11 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.stptrisakti.ac.id/id/eprint/1277

Actions (login required)

View Item View Item